Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Siapakah Paula Modersohn Becker?

Paula Modersohn Becker merupakan pelukis Jerman kelahiran 8 Februari 1876 dan meninggal pada usia 31 tahun yaitu 21 November 1907. Paula saat ini menjadi trending topik karena menjadi doodle Google. Mengapa Google mengangket Paula ke situs pencariannya tersebut? 


Paula merupakan seniman ekspresionis yang menuangkan segala hal yang Ia lihat, dengar, dan Ia rasakan semasa hidupnya. Ide yang muncul Paula yaitu mengangkat tema moderisme dengan membandingkan dengan kehidupan masa lalu yang dianggapnya perlu perubahan. Untuk mengekspresikan emosionalnya pada lukisan, Paula melakukan hal apapun salah satunya Ia membuat lukisannya sendiri. Paula merupakan pelukis pertama yang mengkanvaskan dirinya tanpa busana pada saat itu. 

Untuk mengasah kemampuannya Paula harus berjuang menjadi guru lukis, dan belajar banyak di Kota Bremen - Jerman dan Kota Paris Francis. Keseharian Paula banyak dihabiskan untuk melukis dan terus melukis, untuk mendapatkan ide berbagai tempat ia kunjungi. Pada saat melukis di pusat Kota Bremen, Paula berjumpa dengan Otto Modersohn. Setelah sekian lama berkenalan akhirnya mereka melangsungkan pernikah pada tahun 1901. Buah pernikahan mereka dikaruniai seorang putri bernama Mathilda. 

Selain di Bremen, Francis merupakan negara tujuan Paula untuk mendapatkan ide dan karya yang luar biasa berani pada saat itu. Otto tetap tinggal di Jerman, karena jarak dan waktu akhirnya pada tahun 1906 Paula kembali ke Jerman. Usia Paula terbilang sangat muda saat meninggal. Paula meninggal dengan tiba-tiba di rumahnya. Pemicu kematiannya belum diketahui dengan pasti, namun Paula selalu mengeluh kesakitan setelah melahirkan Mathilda. 

Salah satu lukisan Paula, sumber: www.google.com


Karya Paula luarbiasa banyak, dari hasil penghitungan Otto sekitar 800 buah lukisan dan 1000 gambar hasil karya Paula semasa hidupnya. Karya Paula masih terjaga dengan baik di Jerman. Walaupun menginggal dalam usia muda nama Paula banyak menginspirasi pecinta seni lukis. 

Sebagai bentuk apresiasi atas karya-karyanya tersebut Paula dijadikan doodle oleh Google untuk periode minggu ini. Semoga nilai-nilai positif dari Paula memberikan semangat bagi pelukis-pelukis muda di Indonesia atau dunia menciptakan karya yang luar biasa.

Post a Comment for "Siapakah Paula Modersohn Becker?"

Berlangganan